PT.Artawan
Dokument Pelajaran
bintang bertaburan
Selasa, 21 Mei 2013
MS.Access
Terdapat 3
cara untuk menjalankan program aplikasi Microsoft Office Access 2007.Berikut
ini 3 cara tersebut :
Cara I (lewat Start Menu):
Cara I (lewat Start Menu):
- Klik start
- Pilih All Program
- Pilih Microsoft Office
- Pilih Microsoft Office Access 2007
Cara II (lewat Icon):
- Klik kiri 2 kali pada icon Ms. Access 2007, atau
- Klik kanan pada icon Ms. Access 2007, kemudian pilih OPEN
Cara III (lewat Menu Run):
- Klik Start
- Pilih RUN
- Keluar Kotak dialog RUN
- Kemudian ketikan perintah "msaccess" tanpa tanda kutip.
- klik OK
6. Jumat, 26 Februari 2010
8.
A. Tabel
Untuk membuat suatu tabel sederhana, langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Biasanya ketika telah membuat database baru, akan langsung muncul perintah untuk membuat tabel. Jika tidak ada, klik Create, pilih Table.
2. Isikan nama field-fieldnya beserta isi dari field-field tersebut
A. Tabel
Untuk membuat suatu tabel sederhana, langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Biasanya ketika telah membuat database baru, akan langsung muncul perintah untuk membuat tabel. Jika tidak ada, klik Create, pilih Table.
2. Isikan nama field-fieldnya beserta isi dari field-field tersebut
10.
11. Gambar Contoh Membuat Tabel Baru
12.
3. Simpan
B. Queri
Agar data lebih mudah di cari, maka kita bisa membuat query untuk mengorganisasikan data. Tampilan pada query hampir sama dengan tampilan pada tabel, hanya pada query data lebih mudah dicari.
C. Form
Form digunakan untuk berinteraksi dengan data pada layar, agar data yang kita isikan pada tabel tadi terlihat pada form. Langkah-langkahnya :
1. Klik Create
2. Pilih More Forms
3. Pada Form Wizard, pindahkan Field-fieldnya, lalu next
4. Pilih layout form (layout dibawah menggunakan Columnar) klik next
5. Pilih gaya tampilan form (tampilan dibawah menggunakan gaya Flow) lalu next
6. Klik Finish
3. Simpan
B. Queri
Agar data lebih mudah di cari, maka kita bisa membuat query untuk mengorganisasikan data. Tampilan pada query hampir sama dengan tampilan pada tabel, hanya pada query data lebih mudah dicari.
C. Form
Form digunakan untuk berinteraksi dengan data pada layar, agar data yang kita isikan pada tabel tadi terlihat pada form. Langkah-langkahnya :
1. Klik Create
2. Pilih More Forms
3. Pada Form Wizard, pindahkan Field-fieldnya, lalu next
4. Pilih layout form (layout dibawah menggunakan Columnar) klik next
5. Pilih gaya tampilan form (tampilan dibawah menggunakan gaya Flow) lalu next
6. Klik Finish
14. Gambar Contoh Form
15.
D. Report
Report digunakan untuk mencetak hasil. Langkah-langkahnya :
1. Klik Create
2. Pilih Report Wizard
3. Pada Form Wizard, pindahkan Field-fieldnya, lalu next
4. Urutkan seperti keinginan, klik next
5. Pilih gaya tampilan report (tampilan dibawah menggunakan gaya Urban), lalu next
6. Klik Finish
D. Report
Report digunakan untuk mencetak hasil. Langkah-langkahnya :
1. Klik Create
2. Pilih Report Wizard
3. Pada Form Wizard, pindahkan Field-fieldnya, lalu next
4. Urutkan seperti keinginan, klik next
5. Pilih gaya tampilan report (tampilan dibawah menggunakan gaya Urban), lalu next
6. Klik Finish
17. Gambar Contoh Report
1. Jelaskan
pengertian Basis Data / Data Base ?
Software basis data merupakan software pengolah data yang digunakan untuk meyimpan dan mengolah data sehingga data dapat tersimpan dengan baik dan dapat diakses dengan mudah oleh pengguna.
2. Sebutkan dan Jelaskan 5 type data (Data Type) yang ada pada Ms. Access ?
Text => merupakan tipe data yang sering digunakan (alfabetik dan numerik), panjang maksimumnya 255.
Number => Hanya digunakan untuk menyimpan data numerik.
Date/time => Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam.
Memo => Mampu menampung nilai sampai 65.535 karakter.
Currency => Digunakan untuk nilai mata uang.
OLE Object => Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar, suara, dan sebagainya.
3. Sebutkan langkah - langkah membuat data base baru, menggunakan Ms. Access ?
Buka program Ms. Access nya, kemudian klik File >> New >> pada kolom File Name beri nama Database nya >> Kemudian klik Create.
4. Jelaskan pengertian Software Persentasi ?
Software Presentasi adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat file presentasi yang berisi informasi (berupa teks, tabel, gambar, dan sebagainya) yang akan diperlihatkan kepada orang banyak.
5. Sebutkan program Aplikasi presentasi dan nama lembar kerja untuk persentasi ?
Program presentasi = Ms. Power Point
Lembar Kerja = Power Point show
6. Jelaskan yang dimaksud dengan :
Software basis data merupakan software pengolah data yang digunakan untuk meyimpan dan mengolah data sehingga data dapat tersimpan dengan baik dan dapat diakses dengan mudah oleh pengguna.
2. Sebutkan dan Jelaskan 5 type data (Data Type) yang ada pada Ms. Access ?
Text => merupakan tipe data yang sering digunakan (alfabetik dan numerik), panjang maksimumnya 255.
Number => Hanya digunakan untuk menyimpan data numerik.
Date/time => Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam.
Memo => Mampu menampung nilai sampai 65.535 karakter.
Currency => Digunakan untuk nilai mata uang.
OLE Object => Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar, suara, dan sebagainya.
3. Sebutkan langkah - langkah membuat data base baru, menggunakan Ms. Access ?
Buka program Ms. Access nya, kemudian klik File >> New >> pada kolom File Name beri nama Database nya >> Kemudian klik Create.
4. Jelaskan pengertian Software Persentasi ?
Software Presentasi adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat file presentasi yang berisi informasi (berupa teks, tabel, gambar, dan sebagainya) yang akan diperlihatkan kepada orang banyak.
5. Sebutkan program Aplikasi presentasi dan nama lembar kerja untuk persentasi ?
Program presentasi = Ms. Power Point
Lembar Kerja = Power Point show
6. Jelaskan yang dimaksud dengan :
- Hyperlink => melompat ke dokumen lain. Serangkaian teks atau citra (yang dapat diperoleh dengan mengklik tombol mouse sebelah kiri) yang dapat membawa ke posisi lain dalam suatu dokumen atau ke bagian lain.
- pps => file persentasi yang tidak bisa diedit, hanya menampilkan saja
- ppt => file persentasi yang bisa di ubah - ubah atau di edit.
7. Sebutkan
langkah - langkah membuat slide dengan design yang berbeda ?
Pilih design, kemudin arahkan mouse pada design yang diinginkan, kemudian klik kanan, Apply to Selected Slides
8. Sebutkan langkah - langkah membuat form menggunakan "create form by using wizard" ?
Buka basis data atau data base yang akan dibuat formnya, kemudian klik Form, Create from by using wizard, pindahkan field yang diinginkan ke selected field atau dengan cara pindahkan semua klik >>, kemudian pada dialog box form wizard tentukan pilihan layout (tata letak) contoh pilih Columnar atau Tabular kemudian klik Next, pilih tema yang tersedia klik next, beri nama formnya kemudian klik Finish.
9. Bagaimana langkah - langkah menyisipkan foto pada (Ms. Access) data OLE Object ?
Pada field yang bertipe data OLE Object kemudian di klik kanan, Insert Object, Create From File, Browse, kemudian pilih gambar sesuai keinginan (syarat format harus .bmp), kemudian klik OK
10. Jelaskan perngertian field dan record ?
Field => merupakan atribut yang dimiliki oleh suatu tabel dan record
Record => merupakan isian data yang dimiliki oleh tabel
Pilih design, kemudin arahkan mouse pada design yang diinginkan, kemudian klik kanan, Apply to Selected Slides
8. Sebutkan langkah - langkah membuat form menggunakan "create form by using wizard" ?
Buka basis data atau data base yang akan dibuat formnya, kemudian klik Form, Create from by using wizard, pindahkan field yang diinginkan ke selected field atau dengan cara pindahkan semua klik >>, kemudian pada dialog box form wizard tentukan pilihan layout (tata letak) contoh pilih Columnar atau Tabular kemudian klik Next, pilih tema yang tersedia klik next, beri nama formnya kemudian klik Finish.
9. Bagaimana langkah - langkah menyisipkan foto pada (Ms. Access) data OLE Object ?
Pada field yang bertipe data OLE Object kemudian di klik kanan, Insert Object, Create From File, Browse, kemudian pilih gambar sesuai keinginan (syarat format harus .bmp), kemudian klik OK
10. Jelaskan perngertian field dan record ?
Field => merupakan atribut yang dimiliki oleh suatu tabel dan record
Record => merupakan isian data yang dimiliki oleh tabel
Berikut
Langkah-Langkahnya:
Langkah 1
Klik Menu Start-All
Program – Ms. Office – Ms.Access 2007
Langkah 2
Klik Blank
Database, tentukan lokasi penyimpanan dan nama database, klik tombol Create
Maka akan tampil area kerja Ms. Access 2007, seperti gambar dibawah ini:
Office
Button : adalah
pengganti menu file yang biasa anda temukan pada versi sebelumnya
Quick Access Toolbar : adalah customizable yang berisi perintah-perintah penting seperti save, undo, redo dan masih banyak lagi perintah yang dapat anda tambahkan sendiri sesuai dengan keperluan.
Ribbon : merupakan pengganti Toolbar yang sering anda temukan pada versi sebelumnya.
Database Object : merupakan objek-objek yang telah diaktifkan dan digunakan dalam sebuah database. Contohnya seperti : Table, Form, Report, Macro dll.
Object Preview : Tampilan object yang anda aktifkan seperti table, form, report, dll
View Shortcut : adalah fitur dalam Access 2007 yang berguna untuk mengubah tampilan objek dengan mode tertentu sesuai dengan objek yang digunakan. Contohnya: Design View, Layout View, DataSheet View, Form View dll.
Quick Access Toolbar : adalah customizable yang berisi perintah-perintah penting seperti save, undo, redo dan masih banyak lagi perintah yang dapat anda tambahkan sendiri sesuai dengan keperluan.
Ribbon : merupakan pengganti Toolbar yang sering anda temukan pada versi sebelumnya.
Database Object : merupakan objek-objek yang telah diaktifkan dan digunakan dalam sebuah database. Contohnya seperti : Table, Form, Report, Macro dll.
Object Preview : Tampilan object yang anda aktifkan seperti table, form, report, dll
View Shortcut : adalah fitur dalam Access 2007 yang berguna untuk mengubah tampilan objek dengan mode tertentu sesuai dengan objek yang digunakan. Contohnya: Design View, Layout View, DataSheet View, Form View dll.
A.
Membuat Table Menggunakan DataSheet View
Tabel Data Mahasiswa PalComTeh
Tabel Data Mahasiswa PalComTeh
Berikut langkah-langkahnya:
Langkah 1
- Masih pada jendela Ms. Acces 2007 yang aktif
- Ketika anda mebuat database baru, sebuah tabel secara otomatis akan tampil didalam Preview object
- Klik tombol Close untuk menutuk jendela tab Table 1 yang aktif, dengan cara klik tombol Close yang terletak di sudut kanan atas.
Langkah 2
Anda dapat
membuat tabel baru, dengan cara klik Create – Table dalam group Tables,
seperti gambar dibawah ini:
Maka tabel baru akan tampil, untuk mengganti nama field pada tabel dengan cara double klik pada nama field tersebut, seperti gambar dibawah ini:
Field baru
akan tampil disebelah kanan field Nama, lanjutkan dengan memberi nama
field lainnya.
Langkah 3
Jika telah
selesai klik Datasheet – View – Design View, seperti gambar dibawah ini:
Langkah 4
Kotak dialog
Save As akan tampil, simpan tabel dengan nama tb_mahasiswa dan
klik Ok.
Anda dapat
melihat keterangan tabel yang dibuat yaitu nama field, tipe data, penggunaan
primary key dan lainnya.
Langkah 5
Kembali ketampilan seblumnya, klik
Design – View – Datasheet View, seperti gambar dibawah ini:
Langkah 6
Langkah 6
Masukan data
kedalama Field-field yang telah disediakan.
Langkah 7
Untuk
menambah, mengedit atau pindah data record, dapat menggunakan fungsi record
yang disediakan dibawah jendela object.
B. Membuat Tabel
Menggunakan Design View
Tabel Data
Mahasiswa PalComTech
Berikut
Langkah-langkahnya:
Masih di
database Latihan 1 yang aktif
Langkah 1
Langkah 2
Masukan
Field data yang disediakan.
Langkah 3
Jika telah
selesai gunakan Primary Key pada field Nim, seperti pada gambar
dibawah ini:
Note : Primary
Key berfungsi sebagai pengunci data,
Agar pengimputan data yang sama tidak dapat di proses di
Dalam sebuah field.
Agar pengimputan data yang sama tidak dapat di proses di
Dalam sebuah field.
Langkah 4
Klik Design
– View – Datasheet View, seperti gambar dibawah ini:
Jika tampil kotak dialog seperti dibawah ini, pilih Save dan simpan dengan nama Tb_data_mahasiswa, seperti gambar dibawah ini:
Langkah 5
Setelah
seluruh field di buat, masukanlah datanya seperti gambar dibawah ini:
Jika telah
selesai tutup jendela database Latihan 1, dengan cara klik tombol Office
Button dan klik Close Database. Semoga bermanfaat, dan
selamat mwncoba ^_^
Diposkan
oleh Ahyar, 11/09/2012 : 0 komentar
Tabel Query
adalah tabel untuk menampilkan data tabel database yang bersumber dari beberapa
tabel database yang sengaja dihubungkan melalui tabel Query database. Tools
penghubung antara data tabel yang satu dengan lainnya dikenal dengan istilah Primary
key (kunci utama).
Gambar: Tabel Primary Key, Tabel Input data
dan Tabel Query |
Tipe File
Query pada software aplikasi microsoft office access terdapat empat tipe file
yaitu Simple Query Wizard, Crosstab Query Wizard, Find Duplicates Query Wizard,
Find Unmatched Query Wizard.
Tabel Query
tidak hanya dapat menampilkan data yang bersumber dari beberapa data tabel saja
akan tetapi juga dapat dibuat untuk menghitung seperti hasil menghitung dalam
microsoft office Excel. Selain itu data tabel Query juga dapat ditampilkan dalam bentuk
Form.
Cara membuat
tabel Query database dapat ditempuh dengan langkah berikut ini. Namun perlu
diketahui tabel Query yang dihubungkan ini merupakan tabel didesign pada
bahasan membuat tabel data dan
tabel primary key.
Cara membuat
tabel Query database sebagai penghubung data beberapa tabel database dapat dilakukan
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Buat File Microsoft access
- Klick Create pada Menu Tab
- Klick Design Query
- Klick:
- Tabel I lalu klick Add.
- Klick Tabel II lalu klick Add. Kedua langgkah ini untuk memasukan tabel input pada tabel Query.
- Jika penulisan KodeJK sama pada tabel input database dan data primary Key maka kedua data tersebut akan langsung saling mengikat. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah
- Untuk memasukan data kolom pada tabel Query yaitu klick teks pada kolom sesuai data yang ingin ditampilkan pada tabel Query
- Klick Save untuk menyimpan Perubahan
- Klick View untuk melihat
Data yang
terdapat dalam tabel Query akan berubah sesuai data yang diinput baik melalui
tabel maupun form data database yang sudah dihubungkan sebelumnya.
Pertanyaan
sebutkan minimal 3 cara mengaktifkan ms access
sebutkan langkah-langkah membuat data base baru
sebutkan langkah-langkah membuat link tabel query dan form
pada ms.acces
sebutkan dan jelaskan minimal 4 jenis data pada ms access
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar