bintang bertaburan

Kamis, 10 Januari 2013

laporan Prakerin q

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Praktek Kerja Industri ( Prakerin )
Praktek Kerja Industri merupakan salah satu kurikulum yang harus ditempuh oleh Siswa SMK Giri Pendawa Rendang,Karangasem. Selain untuk memenuhi kewajiban Akademik, diharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi jembatan penghubung antara dunia indusri dengan dunia pendidikan serta dapat menambah pengetahuan tentang dunia industri sehingga siswa-siswi mampu mengatasi persaingan di dunia kerja masa kini.
Mengingat mutu pendidikan telah menjadi sorotan di mata dunia pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu membuat dunia menjadi lebih maju dan menjadikannya kehidupan yang lebih baik. Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kegiatan siswa dimasyarakat diperlukan adanya suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan mendidik siswa, diantaranya kegiatan yang sangat membangun siswa diadakannya Praktek Kerja Industri (Prakerin). Praktek kerja Industri  merupakan suatu kegiatan kerja siswa yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaiatan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu. Selain itu, praktek kerja Industri yang dilakukan dapat membantu siswa-siswi agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya dan mendapatkan gambaran nyata pengimplementasian ilmunya di dunia nyata. Siswa-siswi akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di bangku SMK dengan permasalahan di lapangan sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya. Dengan adanya hubungan kerja sama dari pihak PT BALI RANADHA TELEVISI ( BALI TV ) Denpasar selaku penyedia Sarana dan Prasarana, yang telah mengizinkan atau memperolehkan Siswa untuk melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV) Denpasar.

1.2  Tujuan Praktek Kerja Industri
Adapun tujuan dari pelaksanaan praktek kerja Industri adalah sebagai berikut:
1.                  Sebagai salah satu Syarat pendidikan yang ditentukan sekolah sebagai syarat kelengkapan menyelesaikan Praktek Kerja Nyata di SMK GIRI PENDAWA Rendang Karangasem.
2.                  Menambah/memberikan keterampilan selama Praktek Kerja industri.
3.                  Menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang dunia kerja dan hubunganya  dengan dunia pendidikan sehingga nantinya dapat bermanfaat ketika siswa memasuki dunia kerja sebenarnya.
4.                  Untuk mengetahui sejauh mana kompetensi pelaksanaan di dunia kerja.
5.                  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengetahui segala aktivitas pada perusahaan PT BALI RANADHA TELEVISI ( BALI TV ) Denpasar.
6.                  Agar siswa bisa mengikuti jian akhir sekolah (UAS)  dan ujian akhir nasional (UAN).
7.                  Mampu menjadi calon tenaga kerja yang tekun,kreatif dan berwawasan.
8.                  Agar mengetahui dunia industri yang sesungguhnya.
9.                  Mampu menjadi anak yang mandiri.
10.              Mampu memenuhi syarat sesuai yang dibutuhkan di dunia keja dan industri.
1.3  Sistematika Laporan
Untuk mempermudah pemahaman dalam penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) penulis menggunakan sistematika yang terbagi dalam 4 bagian, dimana pada masing-masing bab itu sub bab sebagai pengurai setiap bab, seperti yang diuraikan berikut
BAB I. PENDAHULUAN
Berisikan tentang latar belakang di adakannya program Praktek Kerja Industri (Prakerin), maksud dan tujuan di adakannya program Praktek Kerja Industri (Prakerin), sistematika penulisan pembuatan laporan.
BAB II. TINJAUAN UMUM/SEJARAH PERUSAHAAN
Pada bab ini disajikan mengenai tinjauan umum mengenai sejarah singkat, tujuan didirikannya serta struktur organisasi PT.BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV).
BAB III. URAIAN KEGIATAN
Di dalam bab ini merupakan inti dari keseluruhan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) DI PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV).
BAB IV PEMBAHASAN MASALAH
Pada bab ini membahas tentang masalah-masalah yang di hadapi selama mengikuti Praktek Kerja Industri di masing-masing devisi yang ditempatkan oleh supervisor Bali TV

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab penutup yang berisikan kesimpulan dan saran-saran merupakan ringkasan dari seluruh uraian penulisan ini yang mungkin berguna bagi Departemen Sistem Informasi Manajemen di PT.BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV)


BAB II
TINJAUAN UMUM
2.1 Gambaran Umum Bali TV
1.                  Jati Diri Bali TV
Tahun 1948, seorang pemuda, Alm. Bpk. K. Nadha memilih jalan perjuangannya sendiri lewat media masa. Pemuda yang lahir di Br. Tampak Gangsul, Denpasar tahun 1927 itu menjadi wartawan Balishimbun. Berjuang lewat media masa semakin mantap di tempuh Alm. Bpk. K. Nadha dengan mendirikan Majalah Suluh Indonesia. Nama koran bersejarah itu kemudian di ubah menjadi Suluh Indonesia. Nama koran bersejarah itu kemudian diubah menjadi Suluh Marhaen. Kemudia diubah lagi menjadi Harian Umum Bali Post, sampai sekarang. Alm. Bpk. K. Nadha memang beberapa kali melakukan perubahan nama koran yang dipimpinya,tetapi Visi dan Misi yang melandasinya tetap sama dari zaman ke zaman yaitu Memberdayakan kehidupan sepiritual masyarakat bali menuju tujuan tertinggi, Moksartham Jagathita. Cita-cita itu di perjuangkan dalam kerangka adat dan budaya Bali tanpa sedikitpun menodai sejarah keagamaan berbangsa dan bernegara Indonesia.
Sejarah Alm. Bpk. K.Nadha pada akhirnya bukan hanya bersejarah di Bali Post, melainkan sejarah kehidupan media masa di Bali,yang pada gilirannya merupakan komponen penting dalam pembentukan jati diri masyarakat Bali.Berpuluh – puluh tahun setelah Alm. Bpk. K.Nadha melalui perjuangannya,generasi penerus mencoba menjaga api yang menerangi visi dan misi sang perintis. Mentransformasikan visi dan misi agar tetap bercahaya dalam era Teknologi Informasi,dan Bali TV adalah wadah baru dari visi dan misi sang perintis, sebuah wadah yang diharapkan hadir sebagai Matahari “Cahaya Bali” yang mencerahkan.
Bali TV merupakan televisi informasi, berita dan hiburan yang bersumber pada dimensi ke Bali-an dengan mayoritas berbahasa dan partisipasi kreatif sebagai wadah pembudayaan dan dinamika masyarakat bali agar tampil dengan ke Bali-an menuju Jagathita. Bali TV merupakan cermin visioner segala dinamika masyarakat Bali, dari Bali, oleh Bali untuk indonesia dan dunia ( Bali A Littele Big Island Of  Paradise ) seluruh dunia ikut memilikinya.
2.2  Kegiatan atau Bidang  Usaha BALI TV
Bali TV di bawah PT ( Persero ) Bali Ranadha Televisi  merupakan salah satu media masa elektronik yang ada di bali sebagai media informasi dan hiburan.Kegiatan Bali TV dapat di bagi menjadi dua yaitu sebagai pemberi hiburan atau intertainment. Dan dalam kegiatan sebagai pemberi informasi, Bali TV menunjukkan dengan memberikan berita teraktual khususnya mengenai Bali dan Talk Show untuk Mengajegkan bali. Untuk kepentingan hiburan Bali TV dengan memberikan banyak acara hiburan seperti Klip Lagu, sinetron dan banyak lagi acara menarik lainnya.

2.3  Etika  Kerja  PT. Bali Ranadha Televisi (Bali TV)

1.                  Bakti Dan Kasih Kepada Tuhan
Selalu berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena Beliau merupakan sumber dari semua yang ada di jagat raya ini. Tuhan adalah tujuan akhir dari semua makhluk hidup.
2.                  Mengasihi Dan Menyayangi Sesama
Mengasihi semua ciptaan Tuhan dan menyayangi sesama umat manusia dengan menjaga hubungan yang baik yang dalam Agama Hindu disebut Tri Hita Karena, yaitu tiga hubungan yang harmonis, baik antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya.
3.                  Bersikap Mental Positif
Berpikir yang positif dalam menghadapi setiap tantangan dan rintangan untuk menumbuhkan semangat kerja dan kerjasama. Menumbuhkan mental untuk selalu bersikap jujur dan bijaksana dalam mengambil keputusan dengan tetap mengutamakan kepentingan bersama.
4.                  Pelayanan Mutu Terbaik Adalah Kerja Mulia
Bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan terus belajar meningkatkan pengetahuan demi memberikan mutu terbaik kepada masyarakat, khususnya pemirsa Bali TV, karena semua yang dikerjakan berdasarkan itikad yang baik merupakan suatu kerja yang mulia.
5.                  Melakukan Perbaikan Terus Menerus
Sebagai manusia tentunya kita tidak terlepas dari kesalahan, sehingga kita perlu melakukan perbaikan dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan dan berusaha tidak mengulanginya dengan melakukan introspeksi diri sendiri. Belajar dari pengalaman adalah hal yang bijaksana dalam melakukan perbaikan.
6.                  Bekerja Keras Adalah Ibadah Kepada Tuhan
Semua yang kita lakukan dan kerjakan dengan hati yang tulus iklas merupakan karma baik karena bekerja keras adalah satu diantara jalan menuju Tuhan, yang dalam agama hindu disebut Karma Marga.
Dari Keenam Etika Kerja Tersebut, Bisa Disimpulkan Bahwa:
“Etika kerja tersebut merupakan landasan yang menuntun  kita agar selalu berada di jalan yang benar untuk mewujudkan visi dan misi dari perusahaan. Etika kerja tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan dengan yang lainnya.”
3        Koordinasi  Antar Bagian
Untuk menghasilkan kinerja yang maksimal,dalam sebuah organisasi atau perusahaan di perlukan koordinasi atau kerjasama antar satu dengan yang lainnya. Kerjasama ini penting dilaksanakan baik antar bagian devisi ataupun antar sesama karyawan.
Pada PT ( Persero ) Bali Ranadha Televisi, koordinasi tugas-tugas atau kegiatan dilaksanakan pada devisi masing-masing,kemudian di serahkan ke Direktur Utama melalui perantara Sekertariat umum.
2.4 Struktur organisasi Bali TV dan deskripsi tugas
Struktur organisasi Bali TV menggunakan system organisasi perseroan sebagai mana mestinya di mana pimpinan tertinggi ada pada direktur Utama yang membawahi beberapa  ketua devisi dan dibantu oleh masing-masing kepala seksi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada diagram struktur organisasi Bali TV tugas dan Wewenang, sebagai berikut :


DIREKTUR UTAMA
Struktur organisasi Bali TV
SEKRETARITAN
 


           
Dir. Pemberitaan
Dir. Program
Dir. Teknik
Dir. Marketin&Iklan

Dir. Keuangan

Dir SDM
Sek. Redaksi
Reporter
Kameramen news
Translator
Produser
Library
Editing
Traffic
Unit
Transmisi
Unit. Maintenance
Master Control & studio
Cameramen produksi
Staff
Even Organizer
Publik Relation
Sekretaris
Kasir
Penagihan
Staff

Pengadaan barang
Pembukuan
 










Unit
transport
jj
v. library
Unit Grafis
 

1.                  Direktur utama

Direktur utama merupakan pimpinan tertinggi di PT Ranadha televisi (Bali TV) Denpasar. Adapun tugas dan wewenangnya adalah :
1.                  Sebagai pimpinan tertinggi dalam perusahaan
2.                  Sebagai penanggung jawab penuh perusahaan
3.                  Menentukan arah dan sasaran perusahaan
4.                  Memimpin dan mengkoordinasi seluruh devisi pada perusahaan
5.                  Meminta pertanggung jawaban dari semua devisi
6.                  Menentukan jalannya perusahaan
2.      Sekretaris Umum
Sekretaris umum merupakan sekretaris direktur utama dimana tugas dan wewenangnya adalah :
1.                  Menerima intruksi dari pimpinan
2.                  Mengurus dan mengendalikan korespondensi  perusahaan
3.                  Menerima dan menjawab telephone serta menelphone untuk pimpinan
4.                  Mempersiapkan rapat dan notulen rapat
5.                  Menyampaikan informasi kepada pimpinan yang berhubungan dengan perusahaan dan sebagai penghubung antar pimpinan dan relasi.
3.      Divisi pemberitaan
Devisi ini merupakan penghimpun atau pencari berita yang akan di siarkan nantinya,divisi ini dibagi menjadi beberapa bagian seperti :
1.                  Sekretaris pemberitaan
2.                  Reporter
3.                  Kameramen
4.                  Penerjemahan bahasa bali
5.                  Penerjemahan bahasa inggris
6.                  Perpustakaan/video library
4.      Divisi program
Devisi ini bertugas merencanakan  program dan membuat program acara baru yang akan disiarkan serta mengolah data siaran. Devisi ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1.                  Sekretariat program
2.                  Perpustakaan / video library
3.                  Manager desing garafis
4.                  Video Editting
5.                  Produser
6.                  Traffic
5.      Divisi teknik 
Devisi teknik adalah devisi yang bertanggung jawab terhadap operasional peralatan teknik elektronis dan non-elektronis. Devisi ini sangat menentukan proses penyiaran yang ada di bali TV. Adapun bagian devisi ini adalah :
1.                  Unit Teknik Produksi
Unit ini bertugas untuk membantu proses rekaman berita, iklan, film dan lain-lainnya yang ada di luar studio baik langsung ataupun tidak langsung.
2.                  Perlengkapan dan Perawatan
Unit ini bertugas dan merawat dan memperbaiki peralatan yang digunakan di studio baik peralatan elektronik maupun listrik. Selain itu,unit ini bertugas untuk menyiapkan peralatan yang akan digunakan pada saat shooting sesuai dengan order yang diberikan.
3.                  Master Control dan Studio dalam
Unit ini bertugas untuk melaksanakan proses penyiaran langsung maupun siaran tunda. Selain itu Unit ini juga bertugas untuk melakukan rekaman di dalam studio.
4.                  Unit transmisi
Unit ini bertanggung jawab terhadap pemancar dan baik buruknya pemancaran siaran yang dilakukan.
5.                  Unit produksi
Unit ini bertugas untuk memproduksi acara siaran dan merencanakan acara yang akan di produksi. Acara yang diproses oleh unit ini adalah acara yang memiliki durasi lebih dari 30 menit.
6.                  Unit Transformasi Umum dan Clening Service
Unit ini bertanggung jawab terhadap kebersihan gedung, kelancaran transportasi, dan komsumsi untuk karyawan. Unit ini juga melayani foto copy.
7.                  Devisi marketing
Divisi Marketing adalah divisi yang menentukan pemasukan perusahaan dimana divisi ini bertugas untuk mencari konsumen yang akan menayangkan acara di bali TV dan menentukan harga dalam setiap tayangan. Divisi marketing terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah :Manager marketing,Manager publik Relation,Staf marketing .

6.      Divisi keuangan

Divisi keuangan dibawahi oleh seorang Direktu keuangan yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan bawahannya, bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan regional. Divisi keuangan terdiri dari :
1.                  Kasir
2.                  Pembukuan
3.                  Pengadaan barang
4.                  penagihan
7.      Divisi Sumber Daya Manusia ( SDM )
Divisi SDM dibawahi oleh seorang Direktur yang bertanggung jawab atas pengembangan SDM beserta administrasi personal perusahaan. Direktur SDM dibantu oleh beberapa staf yang mempunyai tugas diantaranya sebagai berikut :
1.                  Merencanakan dan mengusulkan kebutuhan SDM
2.                  Merencanakan dan mengorganisir administrasi,rekrutmen serta seleksi calon karyawan sesuai wewenang dan kreteria telah ditetapkan.
3.                  Mengusulkan pergerakan karyawan dan mengelola administrasi kepegawaian.
4.                  Memperbaharui data karyawan
5.                  Mengkoordinir dan melaksanakan pembinaan karyawan serta pemeriksaan kasus dan merekomendasikan usulan in-displiner.
6.                  Melakukan pembinaan kerohanian,olahraga, dan lain sebagainya.
7.                  Membuat perjalan dinas untuk pimpinan apabila keluar kota
8.                  Melakukan pengolahan administrasi perpajakan.
2.5 Sejarah Berdirinya Bali TV
Sejarah berdirinya Bali TV tidak dapat dipisahkan dengan sejarah berdirinya pemberitaan media masa di Bali,salah seorang perintis media masa di Bali yaitu Alm.Bpk K. Nadha. Beliaulah yang pertama kali mencetuskan ide untuk merintis media masa di Bali lewat media masa koran. Tujuan utama pendirian Bali TV adalah untuk memberdayakan kehidupan spiritual  masyarakat bali menuju tujuan tertinggi yaitu Moksartahan jagathita.
Bali TV mengudara pertama kali pada tanggal 26 Mei 2002 melalui stasiunnya yang bertempat di Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar dan stasiun pemancar tereserial  yang ada di bukit Kutuh-Unggasan untuk daerah Bali selatan dan sekitarnya,serta di relay oleh pemancar Tukad mungga Lovina Bali untuk daerah bali utara dan sekitarnya. Bali TV memiliki kovering area tidak hanya sebatas seluruh Bali,tetapi covering area mencapai daerah Lombok dan Jawa timur.pada saat awal penyiarannya pemancar ini hanya mampu mengudara selama enam jam yaitu mulai pukul 17.00 – 23.00 wita,dengan segala keterbatasannnya. Sekarang stasiun ini sudah mampu mengudara mulai pukul 06.00 – 23.00 dengan program acara yang sangat padat dan berita-berita aktual tentang Bali khususnya,dan mancanegara umumnya.Stasiun pusat Bali TV bertempat di Jalan Kebo  Iwa No 63 A Denpasar dengan nama Gedung Pers Bali K.Nadha yang diresmikan pada tanggal 5 januari 2003 oleh gubernur Bali, Bapak Dewa Made Brata. Peresmian gedung ini  disiarkan secara langsung oleh Bali TV agar dapat di saksikan oleh seluruh masyarakat Bali khususnya dan Nasional umumnya.

2.6 Sistem yang sedang berjalan di Bali TV
 Sistem yang sedang berjalan di Bali TV saat ini adalah sistem produk dan jasa.

BAB III
URAIAN KEGIATAN
3.1  Permasalahan
Adapun banyak kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Industri di PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV) Selama 3 Bulan. Pokok kegiatan yang akan dibahas kali ini adalah mengenai tentang Jenis dan Uraian Kegiatan yang dilaksanakan Peserta Selama mengikuti Prakerin di PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV).
3.2  Deskripsi Lingkup Kerja Prakerin di Bali TV
Di dalam Pelaksanaan Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) Penulis (Artawan)  melaksanakan Praktek Kerja Industri selama Kurang lebih 3 bulan Di  PT BALI RANADHA TELEVISI ( BALI TV ) Denpasar. Dalam masa pengenalan kerja kurang lebih satu minggu, sebelumnya penulis ( Artawan) mendapatkan pelatihan dan diberikan petunjuk penggunaan metode kerja yang benar sesuai standard opersionalprosedur yang berlaku di PT BALI RANADHA TELEVISI ( BALI TV ) Denpasar . Kemudian untuk dua minggu pertama penulis melaksanakan pekerjaan di bagian Divisi Teknik yang di tugaskan oleh supervisor yaitu mengikuti shooting keluar/studio luar ikut dengan senior mempersiapkan peralatan untuk shootting dan setelah 4 minggu penulis dipindahkan lagi/di rolling ke Divisi Editing gambar/video disana penulis dipercaya untuk melakukan Pengeditan video dharma wacana,Pengcapture gambar,Ngerender gambar/video,mengisi logo Bali TV,memotong Gambar, dll yang menyangkut bagian editing gambar. Setelah sebulan di bagian Editing gamabr Penulis ( Artawan ) Di pindahkan Lagi di bagia Kameramen Produksi di sana langsung di perkenalkan bagaimana mengoperasikan Kamera untuk shooting yang benar dan diajarkan bagaimana memasang kabel-kabel yang benar,menghidupkan kamera,mengisi dan membuka batre kamera,membuka dan memasang kaset pada kamera dan mempersiapkan alat-alat kamera lainnya.

3.3  Kegiatan Operasional Bali TV
Pelaksanaan Operasional PT BALI RANADHA TELEVISI ( BALI TV ). Terbagi menjadi dua shift yaitu :
1.                  shift Pagi  : 07 : 00  – 15 : 00
2.                  shift Siang : 15 : 00 -  22 : 00
Jam kerja di PT BALI RANADHA TELEVISI ( BALI TV ) memberikan 1 hari libur dan 6 hari kerja . Kemudian apabila bekerja melebihi jam kerja yaitu lebih dari 8 jam diberikan bayaran lembur.

3.4  Tugas dan tanggung Jawab bekerja di Bali TV
Masuk Kerja
shift  Pagi
1.                  15 menit sebelum Sembahyang harus sudah absen di Post Satpam.  
2.                  Selesai sembahyang langsung memasuki ruang masing-masing tanpa ada yang di luar berkeliaran.
3.                  Melihat  jadwal kerja dan pembagian tugas  
4.                  Mempersiapkan alat-alat untuk shooting   
5.                  Mulai bekerja sesuai standar yang telah ditentukan.
shift Siang
1.                  15 menit sebelum shift pagi pulang harus sudah ada di ruangan siap untuk menggantikan yang bertugas shift pagi.  
2.                  Membantu shift pagi untuk membersihkan barang-barang yang datang dari shooting.  
3.                  Memerikasa barang-barang yang di pinjam dan memasukan jika keluar ruangan atau pulang.
4.                   jam 22.00 pulang 

Mencangkup semua ( Shift Pagi & Shift Siang)
1.                  15 menit sebelum kerja harus sudah siap di tugas masing-masing dan melakukan absen di Post Satpam untuk absen kehadiran. Lalu langsung bekerja Sesuai Ketentuaan perusahaan

3.5  Permasalahan Yang Ditemukan selama Prakerin Di PT BALI  RANADHA TELEVISI  (Bali TV)
Selama penulis ( Artawan ) melaksanakan Praktek Kerja Industri di PT BALI RANADHA TELEVISI ( BALI TV ) Denpasar, permasalahan yang ditemukan cukup banyak, dapat ditinjau dari aspek organisasi, aspek kemampuan.

Aspek Organisasi
Jika ditinjau dari aspek organisasi, hambatan yang dialami penulis
(Artawan) selama melaksanakan Prakerin yaitu masih kurangnya percaya diri dan mental penulis ketika berhadapan dengan orang-orang banyak sehingga penulis sedikit tegang ketika bertemu dengan orang banyak.

Aspek Kemapuan
Jika ditinjau dari aspek kemampuan hambatan yang dialami penulis selama melaksanakan Prakerin di Gedung Bali TV,yaitu masih kurangnya kemampuan penulis di bidang dunia pertelevisian sehingga penulis sedikit bisa membantu di dalam melakukan tugas-tugas untuk melakukan shooting.
3.6 Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah yang pernah dihadapi selama mengikuti Praktek Kerja Industri di PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV) yaitu dengan cara mengkoordinasikan kepada supervisor atau kepada senior yang sudah berpengalaman dibidangnya dan jika mengetahui solusinya maka ditangani sendiri.
3.7 Keberhasilan Yang dialami
Keberhasilan yang dialami penulis (Artawan) merupakan pengalaman yang sangat berharga selama melaksanakan Praktek Kerja Industri di PT BALI RANADHA TELEVISI ( BALI TV ) antara lain :
1.                  Penulis dapat menerapkan ilmu yang didapat dari Sekolah untuk di kembangkan di PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV).
2.                  Penulis dapat lebih memahami dunia kerja nyata yang sebenarnyaa dan bisa dirasakan langsung oleh penulis.
3.                  Penulis  dapat mengetahui bagaimana cara membina hubungan baik antara sesama rekan kerja.
4.                  Penulis telah mampu untuk merasa percaya diri dalam melaksanakan semua tugas-tugas yang diberikan.
5.                  Penulis mendapat berbagai ilmu yang tidak penulis dapatkan di sekolah.
6.                  Penulis dapat lebih tenang dalam memecahkan suatau permasalahan.
Semua keberhasilan yang telah didapat penulis akan sangat bermanfaat bagi penulis nanti diterapkan di sekolah dan persiapan dalam menghadapi dunia industri kelak.














BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH
Di dalam Bab Pembahasan Masalah ini penulis akan menguraikan masalah-masah yang dihadapi penulis selama Prakerin di Bali TV.  Permasalahan yang ditemukan penulis cukup banyak, dapat di tinjau dari masing-masing devisi yang ditempatkan kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri di PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV) Selama 3 Bulan. Yang akan dibahas kali ini adalah mengenai tentang :
4.1 Devisi Teknik
Jika ditinjau dari devisi Teknik masalah yang dihadapi penulis, penulis belum mengerti tentang peralatan-peralatan teknik elektronik dan non-elektronik, pengkabelan, penyiapan alat-alat untuk melakukan shooting. Karena devisi ini menentukan proses penyiaran yang ada di Bali TV.
Solusi pemecahan masalahnya 
Untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi penulis selama mengikuti Prakerin di PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV) di bagian Teknik produksi yaitu dengan melakukan pendekatan dengan senior atau supervisor untuk menanyakan bagaimana cara mempersiapkan alat-alat untuk shooting dan bagaimana cara memasang peralatan untuk shooting,setelah penulis mengerti,penulis langsung mempraktekannya.




4.2 Devisi Editing
            Didalam devisi ini permasalah yang ditemukan penulis yaitu kurang mengertinya penulis menggunakan software adobe primer untuk pengeditan video-video atau mengedit sinetron.

Solusi pemecahan masalahnya 
Cara pemecahan masalah devisi ini, yaitu penulis bisa melakukan pencarian di internet/panduan di internet tentang bagaimana cara mengoperasikan software adobe primer,dan tidak hentinnya penulis meminta petunjuk kepada yang sudah ahli dalam mengoperasikan software tersebut (supervisor/senior).

2.3 Devisi Kameramen
            Permasalahan yang dihadapi penulis di devisi Kameramen yaitu penulis belum mengerti tentang pengaturan kamera,pencahayaan,pengambilan gambar.
Solusi pemecahan masalahnya 
            Didalam mengatasi permasalahan di bagian devisi kameramen penulis bisa langsung menanyakan dengan senior atau supervisor kemudian penulis langsung diberikan mempraktekannya bagaimana cara mengatur kamera,pencahayaan,pengambilan gambar,dengan didampingi oleh senior jika ada kesalahan lansung di contohkan oleh senior.


BAB V
PENUTUP

5.1.Simpulan
Selama tiga (3) bulan Peserta  melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT BALI RANADHA TELEVISI (BALI TV) banyak hal baru yang penulis dapatkan, baik itu dari segi wawasan ataupun keterampilan kerja, adapun beberapa Simpulan yang dapat penulis tarik dari laporan ini adalah :
1.                  Kegiatan Praktek Kerja Industri sangatlah penting untuk mempersiapkan Siswa-siswi  akan menjadi calon profesional di bidangnya.
2.                  Prakerin sangat mempengaruhi dalam mengikuti Ujian Akhir Sekolah(UAS) dan Ujian Akhir Nasional.
3.                  Selama pelaksanaan Praktek Kerja Industri, Peserta banyak mendapatkan ilmu serta wawasan yang baru dalam hal pekerjaan, selain itu juga penulis mengalami kemajuan yang pesat dalam hal kedisiplinan.
4.                  Tuntutan dunia industri terhadap calon tenaga kerja ataupun siswa yang melakukan program Praktek Kerja Industri cukup tinggi baik dari segi skill , kedisiplinan dan tanggung jawab.
5.                  Ilmu yang penulis pelajari di sekolah sedikit berguna di tempat Prakerin penulis.
6.                  Semua anggota karyawan saling bekerja sama menghadapi tugas-tugas tertentu.
5.2.Saran
Adapun beberapa saran yang dapat penulis sampaikan untuk pihak BALI TV  Dan SMK Giri Pendawa Rendang barangkali dapat berguna dan bermanfaat, adalah :
1.                  Siswa harus banyak bersosialisasi dan membiasakan diri dengan orang-oarang banyak sehingga ketika menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya,siswa tidak tertekan dan tegang.
2.                  Semoga pihak SMK Giri Pendawa bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan pihak Bali TV.
3.                  Harapan saya kedepanya semoga Bali TV bisa menerima siswa Prakerin, khususnya untuk adik kelas  kami dari SMK Giri Pendawa
4.                  SMK Giri Pendawa  harus lebih meningkatkan disiplin semua siswa dan rasa percaya diri siswa, mengingat tuntutan dunia industri yang lebih sulit saat ini. 
5.                  SMK Giri Pendawa harus dapat meningkatkan skill siswanya, mengingat persaingan yang semakin ketat dengan melengkapi sarana praktek yang lengkap dan berorientasi dengan perkembangan zaman.
6.                  Alangkah baiknya jika Sekolah menyiapkan/memberikan modul dan tugas-tugas kepada siswa Prakerin sehingga ada kegiatan yang dikerjakan siswa setelah melakakukan Prakerin.
7.                  Penulis dapat lebih tenang dalam memecahkan suatu permasalahan. semua  keberhasilan yang telah didapat penulis akan sangat bermanfaat nanti diterapkan di sekolah dan persiapan dalam menghadapi dunia industri

Tidak ada komentar :

Posting Komentar