bintang bertaburan

Selasa, 28 Mei 2013

ERPEN Derai-derai Mimpi



Nama  : I Putu Artawan
No       : 03
Kls      : XI TKJ
CERPEN
Derai-derai Mimpi
Cerpen IBW Widiasa Keniten
“ Ayah, Saya mau jadi Guru.”
“ Kenapa Anakku?”
“ Saya bermimpi menjadi guru. Ada seorang kakek menyuruhku menjadi guru. Beliau mengatakan kalau aku menjadi guru,hidup saya akan menjadi damai. Tetapi jika tidak, saya akan mengalami kekalutan batin.”
“ Guru amat mulia . guru membuat anak-anak bangsa pintar dan bisa membuat anak bermartabat. Tanpa ada guru tak ada perubahan.
“ Saya tidak ingin kebodohan selalu bersama keluarga saya,”  katanya suatu ketika saat orang-orang seusianya menanyainya.
“ Nak ingat keluarga kita kurang mampu. Kamu harus bisa lebih baik dari ayah. Ayah akan selalu mendoakanmu agar sukses.”
“ Terima kasih ayah.”
“ Ibu juga berharap banyak padamu Nak. Ibu yang buta segalanya, semoga kamu bisa merubah kehidupan kita ini Nak.”
“ Saya berusaha,Bu.”
Waktu terus berjalan. Susanti tamat. Keceriaan terpancar di wajah susanti. Susanti mendapat tawaran bekerja diluar daerah. Susanti dengan suka cita menerimanya.
“ Ayah, Berikan saya keluar Bali. Saya ingin membantu anak-anak desa di sana.”
“ Silakan, asal ingat jaga diri. Bangunlah negeri ini.”
Susanti berangkat ke NTT. Disana ia sebagai guru SMA.
Susanti teringat saat-saat Andre menggodanya. “ Bu guru cantik. Berikan kecantikanmu padaku.” Tapi, susanti tetap pada pendiriannya ingin membahagiakan orang tuanya. Beberapa kali Andre menyatakan perasaannya ke susanti tetapi susanti tidak menjawabnya.
“ Andre maaf, aku tak bisa jujur dengan kata hatiku. Aku memang menyayangimu. Tapi, aku terikat pada kata-kataku.”
Senyuman susanti meluluhkan hati Andre. Andre berusaha menenangkan jiwanya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar