bintang bertaburan

Kamis, 27 Juni 2013



  Cara membuat simulasi  jaringan WAN dengan
 software Cisco Packet Tracer
belajar jaringan kini tidaklah begitu sulit jika kita mau mencobanya apalagi sudah ada sebuah aplikasi software untuk membuat sebuah simulasi jaringan yaitu Cisco Packet Tracer. Kali ini saya mempunyai sedikit gambaran mengenai bagaimana cara membuat simulasi jaringan,
1.      Instalah aplikasi Cisco Packet Tracer. Di PC anda,(aplikasi bisa anda dapatkan dari mendownloadnya di mbah google).
2.      Proses instalasi sama seperti software biasa tidak begitu rumit,setelaah anda  menginstalnya jalankanlah aplikasi tersebut. Dengan cara double klik icon Cisco Packet Tracer, lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini.
3.     
4.      Untuk menambahkan device ke area kerja, maka dapat dilakukan langkah-langkah berikut :
v  Pilih salah satu device yang akan ditambahkan dengan cara klik iconnya
v  Pilih salah satu jenis device yang akan ditambahkan dengan cara klik dan drag atau klik salah satu icon kemudian klik pada area kerja.
5.      Misalkan anda gunakan 2 Router  dan letakkan di area kerja,kemudian tambahkan switch dan 2 PC atau lebih,setelah semua sudah siap,lakukan setting,pertama klik icon router tambahkan port serial pada pilihan physical WIC-2T,turn off terlebih dahulu kemudian tambahkan portnya lalu on kan lagi dan atur router yang 1 lagi dengan cara yang sama. Setelah selesai hubungkan router 1 dngn router 2 dengan kabel serial DCE. Hubungkan router 1 dan 2 ke switch dengan kabel Cross-over,kemudian switch ke PC dengan kabel Cross-over juga,setelah selesai,atur ip adreesnya di port serialnya dan fastethernetnya,setelah selesai di router atur pada pc dengan klik PC > dekstop >kemudian atur Ipnya.  itulah sedikit gambaran tentang Cisco Packet Tracer.                                                                     
By : PT.Artawan,
SMK GIRI PENDAWA RENDANG.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar