PT.Artawan
Dokument Pelajaran
bintang bertaburan
Kamis, 27 Juni 2013
SINETRON HOME
Menceritakan tentang iklim dan
bagaimana kita (manusia) sebagai spesies paling dominan mengubah bumi, masa
lalu, sekarang, dan di masa yang akan datang. Tema yang dibawakan adalah
mengenai korelasi antara semua organisme dengan bumi yang terkait dalam hubungan
yang rumit namun sangat penting untuk menjaga keseimbangan satu sama lain.
Sehingga tidak mungkin ada satu pun organisme yang hidup berdiri sendiri.
Dijelaskan bahwa asal mula
kehidupan itu berasal dari organime bersel satu dari mata air tepi volkanis.
Organisme bersel satu inilah yang memiliki peranan penting dalam proses evolusi
fotosintesis.
Kemudian kehidupan berkembang,
sehingga muncul air dan pepohonan. Kehidupan manusia yang lebih berorientasi
pada lingkup kehidupan yang pada akhirnya memunculkan peradaban. Mulai dari
revolusi pertanian, hingga akhirnya ditemukan minyak yang menjadikan peradaban
manusia berubah lebih cepat. Adanya industri, kota, gedung-gedung pencakar
langit, dan tentunya mengakibatkan kesenjangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Kelaparan, kekurangan air bersih, dan yang lebih mengkhawatirkan adalah krisis
energi, terlebih listrik.
Adanya ketidakseimbangan dalam
pengelolaan energi, air, dan makanan ini akhirnya menimbulkan dampak yang lebih
besar, yaitu Global Warming dan krisis karbon. Kota-kota megah seperti New
York, Los Angeles, Mumbai, India, Tokyo, Dubai mendapat sorotan dalam film
dokumenter ini. Belum lagi melelehnya gunung es atau glasier, menaikkan tinggi
permukaan laut, mengubah pola cuaca yang makin susah diprediksi.
HOME menampilkan fakta-fakta
tentang bumi dan diikuti oleh sebuah kesimpulan positif. Setidaknya mengajak
kita untuk mengenal tempat hidup yang kita tinggali bersama, yaitu bumi. Dan
untuk lebih memperhatikan isu-isu lingkungan yang sedikit banyaknya dan lambat
laun akan mempengaruhi kehidupan kita semua secara umum.
Cara membuat simulasi jaringan WAN dengan
software
Cisco Packet Tracer
belajar
jaringan kini tidaklah begitu sulit jika kita mau mencobanya apalagi sudah ada
sebuah aplikasi software untuk membuat sebuah simulasi jaringan yaitu Cisco Packet Tracer. Kali ini
saya mempunyai sedikit gambaran mengenai bagaimana cara membuat simulasi
jaringan,
1.
Instalah aplikasi Cisco Packet Tracer. Di PC
anda,(aplikasi bisa anda dapatkan dari mendownloadnya di mbah google).
2.
Proses instalasi sama seperti software
biasa tidak begitu rumit,setelaah anda
menginstalnya jalankanlah aplikasi tersebut. Dengan cara double klik
icon Cisco
Packet Tracer, lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini.
3.
4. Untuk menambahkan device ke area kerja,
maka dapat dilakukan langkah-langkah berikut :
v Pilih salah satu device yang akan
ditambahkan dengan cara klik iconnya
v Pilih salah satu jenis device yang
akan ditambahkan dengan cara klik dan drag atau klik salah satu icon kemudian
klik pada area kerja.
5.
Misalkan
anda gunakan 2 Router
dan letakkan
di area kerja,kemudian tambahkan switch dan 2 PC atau lebih,setelah semua sudah
siap,lakukan setting,pertama klik icon router tambahkan port serial pada
pilihan physical WIC-2T,turn off terlebih dahulu kemudian tambahkan portnya
lalu on kan lagi dan atur router yang 1 lagi dengan cara yang sama. Setelah
selesai hubungkan router 1 dngn router 2 dengan kabel serial DCE. Hubungkan
router 1 dan 2 ke switch dengan kabel Cross-over,kemudian switch ke PC dengan
kabel Cross-over juga,setelah selesai,atur ip adreesnya di port serialnya dan
fastethernetnya,setelah selesai di router atur pada pc dengan klik PC >
dekstop >kemudian atur Ipnya.
itulah
sedikit gambaran tentang Cisco Packet Tracer.
By
: PT.Artawan,
SMK GIRI PENDAWA RENDANG.
Rabu, 05 Juni 2013
Modul Berbasis Data
MENGOPERASIKAN
PERANGKAT LUNAK BASIS DATA
07
EDISI III - 2005
MATA DIKLAT :
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN
PENGELOLAAN INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN :
SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
2005
MENGOPERASIKAN
PERANGKAT LUNAK BASIS DATA
EDISI III- 2005
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI 1
1. PENDAHULUAN 2
1.1. Deskripsi 2
1.2. Prasyarat 2
1.3. Petunjuk Penggunaan Modul 3
1.4. Tujuan Akhir 4
1.5. Kompetensi 4
1.6. Cek Kemampuan 4
1.6.1. Soal Teori 4
1.6.2. Soal Praktek 5
2. KEGIATAN BELAJAR 1 8
2.1. Tujuan 8
2.2. Uraian Materi 8
2.2.1. Memulai Microsoft Access 9
2.2.2. Lembar Kerja Microsoft Access 10
2.2.3. Membuka File Database 11
2.2.4. Menutup File Database 12
2.2.5. Menutup Program Microsoft Access 12
3. KEGIATAN BELAJAR 2 12
3.1. Mempersiapkan Aplikasi Microsoft Access 12
3.1.1. Membuat Tabel 14
3.1.2. Menentukan Primary Key 17
3.2. Menambah Field 18
3.3. Menghapus Record 19
4. KEGIATAN BELAJAR 3 19
4.1. Membuat Query 19
5. KEGIATAN PEMBELAJARAN 4 . 23
5.1. Tujuan 23
5.2. Membuat Form 23
5.2.1. Mengatur Form 27
5.3. Mempersiapkan Aplikasi dan Data Masukan 32
5.3.1. Input Data Record. 32
5.3.2. Mengecek hasil Entry Data 33
5.3.3. Mengisi Cek List Entry Data 33
5.4. Meng-update Data ….. 34
5.4.1. Menentukan Tabel Baru 34
5.4.2. Memilih Field dan Ricord 34
5.5. Memindahkan Insertion Point 35
5.6. Ringkasan . 36
5.7. Ujian Formatif 39
5.7.1. Soal Teori 39
5.7.2. Soal Praktek 44
5.8. Kunci Jawaban Soal Teori 45
5.9. Kunci Jawaban Soal Praktek 45
BAB III PENUTUP . 48
DAFTAR PUSTAKA
1. PENDAHULUAN
1.1. DESKRIPSI
Nama Modul : MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK BASIS DATA
Kode Kompetensi : TIK.OP03.002.01
Ruang Lingkup Isi : Software Aplikasi memakai Microsoft Access
Prosedur pengoperasian untuk memasuki program Microsoft Access
Mempersiapkan aplikasi dan data masukan.
Melakukan entry data dengan Menggunakan keyboard.
Melakukan update data
Melakukan hapus/delete data
Mengecek hasil entry data
Mengisi chek list entry data
Kaitan Modul : Modul ini merupakan modul ke 7 yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah modul…
Hasil yang diharapkan : Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat:
Melakukan pengoperasian program pengolahan Basis data.
Melakukan entry data dengan Menggunakan keyboard
Melakukan Update data
Melakukan Delete data
Manfaat di Industri : Setelah mempelajari modul ini peserta didik diharapkan dapat:
Menggunakan Aplikasi Basis Data yang ada di perusahaan.
1.2. PRASYARAT:
Untuk mempelajari modul ini unit kompetensi dan pengetahuan yang dikuasai sebelumnya adalah :
a. Mengetik 10 jari
b. Mengidentifikasi dan mengoperasikan computer personal
1.3. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
Untuk Peserta Didik :
1.3.1. Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan system Self Based Training atau system pembelajaran mandiri. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini, misalnya melalui majalah media elektronik maupun melalui internet.
1.3.2. Dalam modul ini dituntut adanya tersedianya bahan ajar yang lengkap yang meliputi:
1.3.2.1. Unit computer yang siap digunakan.
1.3.2.2. Sistem operasi yang legal dan Aplikasi yang siap digunakan.
1.3.2.3. Buku manual system operasi
1.3.2.4. SOP dalam menghidupkan dan mematikan computer
1.3.3. Setelah menyelesaikan modul ini, peserta didik dapat melanjutkan ke modul 8 Pengenalan Internet.
1.3.4. Guru atau Instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul ini sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbale balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik.
Selanjutnya, peran guru dalam proses pemelajaran adalah :
1. Membantu peserta didik dalam merencanakan proses belajar, utamanya dalam materi-materi yang relatif baru bagi peserta didik;
2. Membimbing peserta didik melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar;
3. Membantu peserta didik dalam memahami konsep dan praktek dalam modul ini dan menjawab pertanyaan peserta didik mengenai proses belajar dan pencapaian jenjang pengetahuan peserta didik;
4. Membantu peserta didik untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar;
5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan;
6. Merencanakan seorang ahli / pendamping guru dari dunia usaha untuk membantu jika diperlukan;
7. Melaksanakan penilaian;
8. Menjelaskan kepada peserta didik mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya;
9. Mencatat pencapaian kemajuan peserta didik.
1.4. TUJUAN AKHIR
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
1. Melakukan pengoperasian program pengolahan Basis data.
2. Mampu melakukan input data
3. Mampu melakukan update data.
4. Mampu melakukan delete data.
1.5. KOMPETENSI
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
1. Melakukan pengoperasian program pengolahan Basis data.
2. Mampu melakukan input data
3. Mampu melakukan update data.
4. Mampu melakukan delete data.
1.6. CEK KEMAMPUAN
1.6.1. Soal Teori
1. Apakah yang dimaksud dengan Program Microsof Access
A. Program Aplikasi pengolah Kata
B. Program Basisdata
C. Program Grafik
D. Sistem Operasi
2. Berikut ini termasuk database :
a.Data Charater
b.Data Numerik
c.Data tanggal
d.Semua benar
3. Berikut ini penulisan nama field yang benar :
a.Nama Siswa
b.Biaya_Gaji
c.Upah Pokok
d.Gaji Pokok
4. Untuk memulai membuka Microsof Access komputer harus mempunyai sistem Operasi :
a.Windows
b. DOS
C. Linux
d.Semua salah
5. Untuk Membuka jendela data Sheet dari tabel tersebut Anda dapat menjalankan perintah :
a.Tekan Tombol Open
b.Tekan Tombel Enter
c.Klik Ganda pada nama tabel
d.Semua Benar
1.6.2. Soal Praktek
Soal praktek modul ini didasarkan kepada Satuan Acara Pemelajaran (SAP)
Kompetensi. TIK.OP03.002.01 mengoperasikan dasar-dasar basis data
Seluruh kegiatan praktek pada SAP tersebut harus diikuti dengan hasil uji kompetensi lulus
1. Bagaimana cara membuka microsoft access pada windows
2. Bagaimana cara membuat satu database dengan nama databasenya adalah Belajar
3. Bagaimana membuat suatu tabel dengan nama mahasiswa
4. Bagaimana cara membuat query
5. Bagaimana cara membuat form
6. Bagaimana cara membuat report
2. KEGIATAN BELAJAR 1
2.1. TUJUAN
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
a. Melakukan pengoperasian program pengolahan Basis data.
b. Melakukan input data.
c. Melakukan Update data
d. Melakukan Hapus data
2.2. Uraian Materi Microsoft Access
Dasar-Dasar Microsoft Access
Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah data base yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah.
Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan microsoft Access diantara dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.
Sebelum memulai sebaiknya Anda persiapkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam agar bangkit semangat Anda, mungkin pada saat ini Anda memilki anggapan bahwa Microsoft Access merupakan hal yang sulit dikerjakan tetapi perkembangan komputer sedemikian rupa dan tidak sesulit bayangan Anda itu, bahkan Anda mungkin menemukan kemudahan-kemudahan sehingga Anda dapat melewati modul ini dengan cepat untuk melanjutkan kepokok bahasan berikutnya.
2.2.1. MEMULAI MICROSOFT ACCESS
Sebelum memulai microsoft Access, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu database dan apa saja komponen yang ada di dalamnya.
Pengertian Tabel, Field dan record
Seperti kita ketahui bahwa database merupakan kumpulan dari beberapa tabel yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan.
Tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan fields. Sebagai ilustrasinya adalah sebagai berikut :
Nim Nama Alamat Nilai UTS Nilai UAS
01 Wati Malang 90 90
02 Wahyu Surabaya 80 70
03 Intan Jakarta 70 80
04 Nusa Balikpapan 50 80
05 Rudi Riau 80 70
Jadi yang dimaksud dengan fields adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel. Sedangkan record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel.
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Taskbar Windows 95 – 2000 yaitu dimulai dengan tombol Start -> Program -> Program MS-Access.
Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada gambar berikut :
2.2.2. LEMBAR KERJA MS- ACCESS
Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base baru dengan dua cara :
1. Blank Access Database
2. Access database Wizards.
Jika Anda tidak menginginkan tampilan Kotak Dialog pada saat pertama kali dijalankan program MS Access Anda dapat memilih perintah option pada menu tools dan matikan Check Box, Starup Dialog, pada tab Sheet View.
Berikut ini adalah pilihan yang ada pada kotak dialog MS Access
Pilihan Keterangan
Blank Access DataBase Digunakan untuk membuat data base baru yg masih kosong dan Anda dapat menambahkan Obyek tabel, query, Form, Report, dan Obyek lainnya
Blank Data Access Page Dipakai untuk membuat data base baru yang diberikan oleh MS Access secara bertahap
Project Existing Data Dipakai untuk membuat data base baru berdasarkan tuntunan yang diberikan oleh microsoft access
Open end existing file Dipakai untuk membuka file database yang telah dibuat sebelumnya
Tampilan Jendela MS Access
2.2.3. MEMBUKA FILE DATABASE
Membuka file database MS Access berarti membuka file yang pernah dibuat dan disimpan. Selain membuka jendela database yang pernah dibuat Anda bisa membuka jendela database baru yang masih kosong dengan cara Klik menu file, pilih New atau pada Toolbars klik tombol new. Apabila Anda membuka jendela database baru maka jendela database yang terbuka sebelumnya akan ditutup karena pada MS Access tidak dapat membuka lebih dari satu file database.
Untuk membuka file database dapat menggunakan salah satu cara berikut :
1. Pilih File -> Open dari Menu Bar
2. Klik tombol Open yang ada pada bagian toolbars pada database
3. Tekan tombol Shorcut Key , Ctrl + O
2.2.4. MENUTUP FILE DATABASE
Bila Anda telah selesai bekerja dengan file database MS Access maka sebelum menutup file, simpan seluruh data yang pernah Anda buka. Untuk menutup file database, Anda dapat menggunakan salah satu llangkah berikut ;
1. Klik File ->Close pada Menu Bar
2. Tekan tombol kombinasi shorcut Key Ctrl + F4 atau Ctrl + W
3. Klik icon Close pada Menu Bar dibagian sudut kanan atas dari jendela database
2.2.5. MENUTUP PROGRAM MS ACCESS
Menutup program MS Access berarti keluar dari program MS Access. Untuk keluar dari program MS Access dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ini :
a. Klik File ->Exit pada menu Bar
b. Tekan tombol kombinasi shorcut Key Alt + F4
c. Klik icon Close pada Title Bar dibagian sudut kanan atas dari jendela database.
3. KEGIATAN BELAJAR 2
3.1. MEMPERSIAPKAN APLIKASI MICROSOFT ACCESS.
PROYEK MEMBUAT PROGRAM PENERIMAAN SISWA BARU
1. Buka aplikasi Microsoft Access
2. Klik File New
3. Pilih Blank Database
4. Create nama file database
Setelah anda mengisi nama database, anda bisa langsung mengklik tombol create atau menekan tombol enter.
3.1.1. Membuat Tabel
Untuk membuat tabel ada 3 cara yaitu:
1. Create table in design view
2. Create table by using wizard
3. Create table by entering data
Pada saat ini kita akan membuat tabel dengan cara yang pertama yaitu Create table in Design View. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Tampilan awal create table in design view
2. Klik 2 x create table in design view sehingga terbuka jendela seperti dibawah ini :
KETERANGAN :
A. Field Name
Fungsinya untuk memasukkan nama-nama field dari suatu tabel.
B. Data Type
Barbagai macam tipe data yang ada di ACCESS sebagai berikut:
b.1. Text
Merupakan tipe data yang sering digunakan ( Alfabetic dan Numeric). Panjang maksimumnya 255.
b.2. Number
Hanya digunakan untuk menyimpan data numerik.
b.3. Date/Time
Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam. Panjang maksimumnya 8 karakter.
b.4. Memo
Mampu menampung nilai sampai 65535 karakter.
b.5. Currency
Sering digunakan untuk nilai mata uang.
b.6. AutoNumber
Berisi angka urut yang sudak ditetapkan oleh Access yang muncul secara otomatis dan nilainya tidak dapat diubah.
b.7. Yes/No
Berisi dua nilai saja yaitu Yes/No atau True/false dan On/Off.
b.8. OLE Object
Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar,suara, dan sebagainya.
b.9. Hyperlink
Gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text. Digunakan untuk manyimpan pointer ke situs web.
b.10. Lookup Wizard
Untuk memilih sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box.
C. Description
Sebagai keterangan yang akan mempermudah dalam memahami field name
3. Masukan nama-nama field
4. Tentukan primary Key (Contoh :No_pendf)
5. Setelah itu klik close pada pojok kanan atas
6. Klik yes, lalu beri nama tabel (contoh:daftar) kemudian klik OK
7. Hasil dari pembuatan tabel tersebut di atas akan tampak seperti gambar di bawah :
Setelah tabel terbentuk selanjutnya terserah kita untuk melakukan proses terhadap tabel tersebut selanjutnya.
3.1.2. Menentukan Primary Key
Untuk menentukan dan mengubah primary key pada suatu field, ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih dan klik tabel yang anda inginkan ubah primary key-nya.
2. Klik tombol toolbar Design.
3. Pilih dan Klik nama field yang ingin dijadikan primary key
4. Pilih dan klik menu Edit, Primary Key atau klik tombol toolbar Primary Key.
3.2. Menambah Field
1. Buka file Pilih Table Daftar
2. Pilih Design View
3. Sisipkan field baru (Contoh Nama_ortu) caranya sama dengan membuat field pertama kali.
4. Klik Field Ket Klik Menu Insert rows
5. Masukan nama field baru (contoh Asal_skl)
6. Kemudian klik close dan Save OK
3.3. Menghapus Record
Anda dapat menghapus satu atau lebih Record dalam tabel pada tampilan data Sheet view. Prosedur yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :
1) Di dalam jendela data Sheet pilih Record yang ingin Anda hapus dan berikan salah satu perintah berikut :
a. Pilih perintah Delete dari menu Edit
Tekan tombol Delete Record pada bagian Toolbar atau,
b. Tekan Tombol Del yang ada di Keyboard atau,
c. Klik Kanan Record yang ingin Anda hapus dari daftar pilihan menu yang tampil plih perintah delete Record.
2) Setelah Anda melakukan salah satu perintah di atas maka akan tampil kotak Konfirmasi pilih Yes apabila Anda benar-benar ingin menghapus Record dan tombol No apabila ingin membatalkan proses penghapusan.
4. KEGIATAN PEMBELAJARAN 3
4.1. Membuat Queries
Sebelum memulai kegiatan ini, sebaiknya kita tahu terlebih dulu maksud dari query. Query bisa diartikan sebagai pernyataan atau permintaan untuk memproses table yang ada.
Cara membuat query ada 2 yaitu:
1. Create quey in design view
2. Create query by using wizard.
Pada saat ini kita akan membahas untuk membuat query dengan cara yang pertama yaitu Create query in design view.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Klik Queries pada bagian objects
2. Klik 2 x Create query in Design view sama seperti membuat table.
Akan tampil daftar queries sebagai berikut :
3. Pilih nama table dalam daftar Show Table kemudian klik Add.
Tampilan daftar query1 sebagai berikut :
4. Klik 2 x nama field yang ada pada tabel daftar sehingga nama-nama field tersebut tersimpan dalam daftar queries seperti pada gambar diatas.
5. Pada kolom Jml_nilai masukan rumus pembobotan setiap mata pelajaran. Pembobotan dibuat sesuai aturan yang ada. Contoh PPKn, Bah_ind, IPS dikalikan 1, IPA, Matemt dikalikan 4 dan Bah_ing dikalikan 3.
Rumus Jml_nilai :
([PPKn]+[Bah_ind]+[Matemt]+[Bah_ing]+[IPA]+[IPS]).
Dapat dilihat pada gambar dibawah.
6. Buat Rumus untuk Nilai x bobot.
Rumus Jml_x_bbt :
(([PPKn]+[Bah_ind]+[IPS])+([Matemt]*4)+([IPA]*4)+([Bah_ing]*3)).
Dapat dilihat pada gambar dibawah.
7. Kemudian klik tombol close pada sudut kanan atas,
5. KEGIATAN PEMBELAJARAN 4
5.1. Tujuan
Tujuan pembelajaran ini adalah siswa nantinya mampu untuk :
1. Membuat form
2. Mengatur form
5.2. Membuat Form
Untuk meghasilkan tampilan yang lebih komunikatif, maka dibutuhkan suatu interface yang dapat membantu pengguna atau operator dalam menjalankan suatu program aplikasi. Salah satu interface yang disediakan oleh microsoft Access adalah Form.
Cara membuat form ada 2 yaitu:
1. Create form in design view
2. Create forrm by using wizard
Pada saat ini kita akan mempelajari cara membuat form dengan Create form by using wizard. Langkah-langkahnya:
1. Klik Form pada Objects
2. Klik 2 x Create form by using wizard akan tampil form wizard
3. Pada Tables/Queries pilih Table : daftar kemudian Pindahkan semua field Available field ke Selected Fields dengan menekan tombol
4. Kemudian klik
Akan tampil jendela seperti tampak di bawah ini :
Kemudian klik
Pada tampilan berikut Anda dapat memilih diantara beberapa alternatif untuk dipakai sebagai bentuk tampilan form. Misalnya Anda memilih stone ...
5. Kemudian klik
6. Berikan nama form yang akan kita buat (contoh : daftar)
7. Kemudian Klik Finish
5.2.1. Mengatur Form
Dalam pembuatan form mungkin ada yang kurang sesuai, untuk melakukan perubahan kita bisa melakukan pengaturan pada form tersebut. Langkah-langkahnya:
1. Buka form daftar
2. Buatlah Header Form dengan mengklik icon desain View pada menu View, dan akan tampil :
3. Drag bar antar Form Header dan Detail sehingga terbentuk satu baris kosong
4. Isikan Kata “PENERIMAAN SISWA BARU TAHUN 2004”
5. Untuk mengisi Form Header klik
Kemudian klik daerah Form Header dan
Ketikkan kata-kata diatas
Untuk mengedit letak label klik 2 x label geser letak
Label keposisi yang Anda Inginkan
6. Pada field Jml_nilai masukan rumus penjumlahan semua nilai dengan mengklik 2 x field Jml_nilai sebelah kanan
7. Edit Control Source dengan memasukan rumus klik akan muncul jendela Expression Builder
8. Masukan rumus yang kita rencanakan
9. Untuk menuliskan rumus cukup dengan mengklik 2 x nama field yang berada di form contohnya field PPKn simbol matematika yang kita gunakan tinggal klik yg ada pada bagian bawah ruang rumus.
10. Setelah selesai klik OK kemudian klik close pada pojok kanan atas Text Box
11. Buat Rumus jumlah nilai kali bobot setiap mata pelajaran dengan mengkilk 2 x field Jml_x_bbt
12. Langkahnya sama dengan cara memasukan rumus pada Jml_nilai
13. Masukan rumus pada jendela Expression Builder
14. Setelah selesai klik OK kemudian klik close pada pojok kanan atas Text Box
15. setelah semua rumus selesai klik datasheet view
16. Sekarang kita dapat memasukan data yang ada
5.3. MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA MASUKAN.
5.3.1. INPUT DATA RECORD
Setelah mengikuti ketentuan dalam membuat table, langkah selanjutnya adalah memasukan data Record, yang dilakukan dengan melalui jendela Data Sheet View dari sebuah table. Selain itu dapat juga dilakukan proses Editting data yaitu proses penambahan data record, memindah data Record, menyalin Data Record ataupun menghapus data record.
Prosedur yang dilakukan untuk menginput data adalah sebagai berikut :
1. Pada jendela data base pilih salah satu nama tabel yang datanya ingin anda masukan.
2. Buka jendela Data Sheet dari tabel tersebut dengan langkah :
a. Tekan Tombol icon Open pada area kerja kemudian Tekan tombol enter
b. Klik Ganda pada nama tabel
c. Klik kanan pada nama tabel dan pilih perintah open dari menu yang tampil.
3. Setelah Anda jalankan salah satu perintah tersebut di atas maka akan tampil jendela data Sheet dari tabel yang masih kosong
4. Anda dapat lansung memasukan data Record sesuai dengan tatanan yang telah Anda buat pada jendela desain View.
Tidak perlu diisi Field yang dapat dientry
Field Rumus tidak perlu diisi
Setelah selesai entry maka kita dapat melihat data pada queries seperti diatas.
5.3.2. MENGECEK HASIL ENTRY DATA
Setelah data dimasukkan, dilakukan pemeriksaan proses pemindahan dan pemasukan data apakah sesuai dengan prosedur atau intruksi kerja.
Memilah hasil pemindahan dan pemasukan data sesuai dengan prosedur dan intruksi kerja.
Mengidentifikasi keberhasilan pemindahan dan pemasukan data ke dalam program data base dari file data ke media penyimpan data.
5.3.3. MENGISI CHECK LIST ENTRY DATA
Mengidentifikasi langkah-langkah operasional dan keberhasilan proses pemindahan dan pemasukan data
Mengatur Design Repot dalam sebuah lembar kerja Preview.
Mengubah teks-teks yang terdapat didalam lembar kerta design tersebut agar menjadi diskriptif dan memindahkan label sehingga dapat tampil sejajar dengan Ctrl – Ctrl yang lain.
Menambahkan bebarapa informasi lain dibagian Footer.
5.4. MENG-UPDATE DATA
5.4.1.Menentukan Tabel Baru
Satu-satunya hal yang konstan adalah perubahan. Bersama waktu, kebutuhan dan minat Anda berubah seiring Anda bertumbuh dan berkembang. Sebuah informasi yang dulu sangat penting bisa saja sekarang berubah menjadi tidak diperlukan atau malah mengganggu, sementara informasi yang semula dianggap tidak berguna sama sekali bisa berubah menjadi informasi penting. Seiring meningkatnya jumlah informasi dalam bidang bisnis dan kehidupan sehari-hari, Anda mungkin perlu menata atau mendistribusi ulang informasi tersebut. Anda perlu tahu bahwa mungkin Anda harus membeli rak baru, folder file baru, atau bahkan satu set kabinet file baru untuk menampung bidang yang anda minati. Hal yang sama terjadi pada database Anda.
5.4.2. Memilih field dan Record
Anda harus memiliki data sebelum melakukan editing pada sebuah jendela data sheet. Untuk memilih data atau record pada sebuah jendela data sheet dapat dilakukan dengan beberapa cara, untuk lebih jelasnya lihat pada daftar dibawah ini :
Pilihan Perintah
Sebuah sel Klik pada posisi sel tersebut
Beberapa sel Drag drop pointer pada sisi kiri sel terbut sampai melintasi beberapa sel yang ingin Anda pilih
Sebuah Kolom Klik pada pisisi selektor Kolom
Beberapa Kolom Drag drop Pointer pada posisi selektor Kolom
Sebuah record Klik pada pisisi selektor baris
Beberapa record Drag drop Pointer pada posisi celektor baris
Semua Record • Klik tombol select all pada selector baris
• Pilih perintah select All Record dari menu Edit
• Tekan kombinasi tombol Ctrl + A
5.5. Memindahkan Insertion Point
Untuk memindahkan Insertion Point atau data Record dalam sebuah data sheet dapat menggunakan pasilitas yang ada diperintah Go To dari menu Edit, Panah atas, panah bawah, Page Up, Page Down atau menggunakan Vertikal scroll Bar. Selain itu Anda dapat juga memindahkan posisi Record Aktif dengan memilih tombol navigasi yang ada pada bagian bawah dari jendela data Sheet sebuah tabel. Perhatikan tabel berikut :
Pindah Ke Perintah Klik
Awal record First Record
Akhir record Last record
Record Sebelumnya Previus Record
Record berukutnya Next Record
Record Baru New Record
Record tertentu Atau tekan tombol F5 atau ketik nomer Record yang Anda inginkan dan lanjutkan dengan menekan tombol enter.
a. Menambahkan record
2. Jika kita memiliki data baru dalam arti pendaftar baru maka kita dapat mengupdate database kita dengan menambahkan data tersebut dapat melalui queries maupun melalui form.
3. Update melalui gueris, buka file kemudian buka queries lalu masukan data baru
4. Update melalui Form caranya sama dengan saat entry pertama kali.
5.6. RINGKASAN MATERI
a. Memulai Microsoft Access
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Task bar Windows 95 – 2000 yaitu dimulai dengan tombol Start – Program – Pilih – Program MS-Access .
b. Lembar Kerja MS Access
Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base baru dengan dua cara :
1) Blank Access Database
2) Access database Wizards.
c. Membuka File Database
Membuka file database MS Access berarti membuka file yang pernah dibuat dan disimpan. Selain membuka jendela database yang pernah dibuat, Anda bisa membuka jendela database baru yang masih kosong caranya dengan memberi perintah Klik menu file pilih New atau pada Toolbars klik tombol news seperti berikut
d. Menutup File Database
Bila Anda telah selesai bekerja dengan file database MS Access maka sebelum menutup file simpan seluruh data yang pernah Anda buat, dengan memilih salah satu cara berikut :
1) Klik Exit pada menu File
2) Tekan tombol kombinasi shorcut Key Alt + F4
3) Klik icon Close pada Title Bar dibagian sudut kanan atas dari jendela database.
e. Menutup Program MS Access
Menutup program MS Access berarti keluar dari program MS Access. Untuk keluar dari program tersebut langkahnya sebagai berikut :
Klik menu File pilih Exit
f. Aplikasi Microsoft Access
Membuat Tabel
g. Mempersiapkan Aplikasi dan Data Masukan.
Setelah mengikuti ketentuan dalam membuat table, langkah selanjutnya adalah memasukan data Record, yang dilakukan dengan melalui jendela Data Sheet View dari sebuah table. Selain itu dapat juga dilakukan proses Editting data yaitu proses penambahan data record, memindah data Record, menyalin Data Record ataupun menghapus data record.
h. Mengecek Hasil Entry Data
Setelah data dimasukkan, melakukan pemeriksaan proses pemindahan dan pemasukan data apakah sesuai dengan prosedur atau intruksi kerja
i. Mengisi Check List Entry data
Mengidentifikasi langkah-langkah operasional dan keberhasilan proses pemindahan dan pemasukan data
5.7. Ujian Formatif :
5.7.1. Soal Teori
1. Cara membuat database baru yang diberikan oleh MS Access secara bertahap yaitu dengan :
A. Blank Data Access Page
B. Blank Access DataBase
C. Project Existing Data
D. Open end existing file
E. project new data
2. Langkah-langkah yang benar untuk membuka database baru yang masih kosong pada Microsoft Access adalah….
A. Klik tombol File -> New
B. Klik tombol File -> Open
C. Klik tombol File -> Get External Data
D. Tekan Ctrl + O
E. Tekan Ctrl + W
3. Untuk membuat data base baru yang masih kosong sehingga Anda dapat menambahkan obyek Tabel, Query, Form, Report pada Ms Access, dapat memilih….
A. blank access database
B. open an existing file
C. blank data access page
D. project existing data
E. project new data
4. Dari gambar tampilan MS Access di bawah, yang ditunjuk anak panah adalah….
A. Tool Bar
B. Title Bar
C. Menu Bar
D. Status Bar
E. Area Kerja
5. Langkah untuk menutup file data base adalah….
A. klik icon close yang terletak dibagian kanan atas
B. pilih close pada file
C. pilih close pada menu view
D. tekan tombol kombinasi Ctrl + X
E. tekan tombol kombinasi Alt + F4
6. Pada pembuatan blank database,langkah yang harus dilakukan setelah memilih blank database adalah mengisi….
A. create name
B. Create table
C. File Name
D. Update Data
E. Update Table
7. Tipe data yang merupakan gabungan dari Alfabetic dan Numeric adalah….
A. text
B. number
C. memo
D. currency
E. date/time
8. Tipe data yang digunakan untuk nilai mata uang adalah ….
A. Currency
B. Text
C. number
D. auto number
E. date/time
9. Yang digunakan untuk menerangkan field name adalah ….
A. Description
B. Caption
C. Field Size
D. Format
E. Inpu Mask
10. Setelah mengisi nama tabel yang kita buat, langkah selanjutnya adalah menekan tombol….
A. Enter
B. Cancel
C. Esc
D. Ctr + W
E. Ctr + X
11. Salah satu cara menetukan primary key adalah….
A. Meng klik tanda Primary key yang ada di tool bar
B. Page view pada menu view
C. Field view pada menu view
D. Data Outline
E. Properties
12. Gambar icon properties adalah ….
A.
B.
C.
D.
E.
13. Untuk menghasilkan tampilan dalam bentuk kolom maka pada form wizard dipilih ….
A. column
B. Tabular
C. Data Sheet
D. Justified
E. Horizontal
14. Untuk mengakhiri perancangan form wizard, klik tombol ….
A. finish
B. close
C. exit
D. back
E. cancel
15. Jika ingin langsung menampilkan dan mengisi form yang sudah dirancang, klik tombol ….
A. Open the form to view or enter information
B. What title do you want for your form
C. Modyfy the form's deign
D. Display help on working with the form
E. What layout would you like for your form
16. Untuk menampilkan hasil query yang sudah dibuat diklik tombol ….
A.
B.
C.
D.
E.
17. Untuk menyimpan hasil perancangan query, kecuali ….
A. file -> save as
B. File -> save
C. Ctrl + W
D. Ctrl + S
E. File -> save
18. Untuk mengurutkan data dari kecil ke besar, pilihannya pada Sort adalah ….
A. Not Ascending
B. Not Sorted
C. Not Descending
D. Ascending
E. Descending
19. Gambar icon untuk menuju ke record terakhir adalah….
A.
B.
C.
D.
E.
20. Untuk membuka tabel yang sudah ada, digunakan perintah ….
A. Datasheet view
B. Primary Key
C. Design
D. New
E. Open
21. Untuk menghapus field tertentu yang dipilih digunakan tombol….
A. Delete field
B. Delete table
C. Delete coloum
D. Delete row
E. Delete
22. Untuk menambahkan record baru digunakan tombol….
A. Update Record
B. Update Data
C. Insert Row
D. Insert Data
E. Insert Record
23. Layout style yang terdapat dalam form wizard adalah….
A. columnar
B. tabel
C. data base
D. field
E. column
24. Pada orientation pilihan yang kita gunakan agar tampilan nantinya berdiri tegak adalah….
A. Landscape
B. Diagonal
C. Portrait
D. Vertical
E. Horizontal
25. Yang dimaksud dengan mendelete data base adalah….
A. menambah data
B. menghapus data
C. menghapus data
D. mengganti data
E. mencetak data
5.7.2. Soal Praktek
1. Buka area kerja MS Access dengan Blank Database dan beri nama latihan 1
2. Buat table Mahasiswa dengan cara Design view yang berisi field NIM, Nama, Alamat, Nilai UTS, Nilai UAS
3. Isi tabel tersebut dengan 5 data
NIM Nama Alamat Nilai UTS Nilai UAS
01 Buidi Malang 70 70
02 Rama Medan 80 70
03 Khrisna Pontianak 85 80
04 Sinta Siantar 70 85
05 Delia Makasar 70 70
4. Tambahkan field total
5. Isi data total dengan nilai 70 , 73 , 82 , 80 , 70
6. Tampilkan data yang namanya Shinta
7. Tampilkan data yang alamatnya Pontianak
8. Tampilkan data yang nilai totalnya di atas 73
9. Buat form mahasiswa dengan isian field seperti no 2.
10. Bagaimana cara menutup form yang sedang aktif
5.7.3. Kunci Jawaban Soal Teori
No. 1. B 11. A 21. D
2. A 12. C 22. E
3. B 13. E 23. A
4. C 14. C 24. C
5. A 15. D 25. A
6. C 16. A
7. D 17. C
8. E 18. D
9. B 19. A
10. E 20. E
5.8.4. Kunci Jawaban Soal Praktek
1. Setelah masuk area kerja database pilih blank database, kemudian pada file name diisi latihan 1.
2.
3.
4. Pilih table yang akan digunakan yaitu mahasiswa kemudian klik Design dan lalu tambahkan filed total.
5.
6.
7.
8.
9.
10. Tekan tombol close yang ada di pojok kanan atas.
M
odul ini merupakan bahan ajar peserta didik untuk memperoleh kompetensi mengoperasikan software aplikasi basis data, melakukan update dan delete data dengan menggunakan utilitas aplikasi pada mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), sehingga peserta didik dapat dibekali dengan kecakapan menggunakan komputer sebagai sarana dalam mencapai tujuan sehari-hari.
Contoh Drama Bahasa Bali
Sisya Baru
Kacerita di sekolah SMK Giri Pendawa, wenten siswa baru pindahan saking SMK 1 Manggis madan I Putu Bocok. Anake nika parasne bocok, cupu, buin belog. Dina soma I Bocok masekolah ke sekolah barune.
Bu guru : “ inggih Putu mangkin ngranjing dumun ke kelas.”
Bocok : “ wastan tiang I Putu Bocok, tiang saking desa Besakih. Tiang sisia pindahan saking SMK 1 Manggis. Dumogi tiang driki polih timpal becik.”
Bu guru : ”nggih melinggih pun Tu…”
Risedek I Bocok melinggih, timpal-timpalne masuryak…
Bu guru : ”nggih para sisia, rarisang cingakin halaman selikur.”
Bocok : ”buk…tiang ten makta buku bahasa bali.”
Bu guru : ”gabung dumun jak timpale Tu.”
Timpal-timpalne nenten prasida megabung sareng I bocok. Kacrita mangkin bel sampun mamunyi. Tet……………tet………………………..tet……………
Bu guru : ” nggih alit-alit mangkin sampun dados istirahat. Inggih mangkin puputang antuk paramashantih.”
Fitri : “ ngaturang parama santih ngawit.”
Para sisia : “ 0m santih santih santih 0m.”
fitri, lan agustin ngorte, lantas rauh Sang ayu,. Tu Bocok langsung nyingakin Sang Ayu peningalane ten makijepan”.
Sang ayu : ” ci ne madan Bocok? Pih goban cine, ngujang matan cine nengeng cang, demen ci jak rage?, kacain malu ibane!”.
I “bocok langsung manilesang muane krane lek”.
Sang Ayu : ” mai mekejang binjep kar mulih, de runguange I Bocok!, jeleme lekad mekedeng to”.
Makejang sisya-sisyane mantuk ke
umah soang-soang, di jalane Ayu,Fitri lan sang ayu , irike maketelu mararaosan”.
Ayu : echh fit pedalem sisya baru punika makejang nyuryakin ring kelas.
Fitri : nggih,padahal ten dados kenten,iraga patutne saling menghargai wenten sisya baru sane pindah ke sekolah irage.
Sang Ayu : ayu,Pitri ampunang ngurusang anak sane punika,tiang ten demen ninggalin.
Teke lantas lantas i putu Bocok
Sang Ayu : tiang dumunan nggih fit,yu,,ichhh tiang males ngomong jak anak cupu.
Ayu : ” ehh Tu ,ampunang sangetange nike,sang Ayu nak mule kenten,nak ten wenten anak sane sempurna,tiang,Putu,jak makejang ten wenten ne sempurna.”
Fitri : “nggih jakti nike Tu”!
Ayu : “ putu nak kenapi adi pindah saking SMK 1”?
Bocok : “tiang ten demen masekolah drika yu lan umah tiang merika masuk”
Ayu : “och Kenten tu”?
Bocok : ” Nggih sukseme Ayu lan Fitri ,tiang ngranjing dumunan,benjang malih wawanin
Setekedne I Bocok di jumahne ,makeneh I bocok kanti buung manjus.Ie makeneh .
Bocok : ” pih kene nasibe, napi kone idamange pidan jak I meme.”
Langganan:
Postingan
(
Atom
)